Beranda Tutorial Motor Solusi perbaiki Lubang Ulir Busi yang Slek atau Dol, pergi ke tukang...

Solusi perbaiki Lubang Ulir Busi yang Slek atau Dol, pergi ke tukang bubut!

0
BERBAGI
Busi di Blok Kepala Silinder

Hati-hati dab buat kamu yang hendak memasang busi motor karena bisa jadi kamu bisa memasukkan ke ulir yang tidak pas sehingga saat diputar, maka yang terjadi akan merusak Lubang Ulir busi pada Blok Head Cylinder (Kepala Silinder) menjadi Dol atau Slek. Kalau sudah begini, solusi paling mudah perbaiki masalah ini adalah pergi ke tukang bubut untuk di buat dudukan uliran yang baru.

Seperti yang terjadi pada motor saya hari ini, Selasa (28/3/2017) saat paman datang ke rumah, pas mau pinjam motor saya si Jupe (Jupiter Z Orange banter dhewe) buat balik doi, lah kebetulan karena lama tidak dipakai motor jadi brebet (maklum usianya sudah tua [hidup sejak 2005] dab) maka beliau cek busi yang ternyata bermasalah, pas pasang busi baru sepertinya busi dimasukkan ke lubang ulirnya kurang pas dan saat dikencangkan justru malah bikin ambrol uliran (saat itu belum sadar).. lah saat motor di hidupkan DORR!! (bunyi), Busi meloncat dari papanya.. dan saat di pasang kembali lubang ulirnya sudah dol.. end.

 

Lubang Ulir Busi Slek
Lubang Ulir Busi Slek

Untuk yang menjumpai masalah serupa, Solusinya adalah copot head cylinder motormu dan bawa ke las bubut untuk ditambal dengan baja dan dibuatkan dudukan uliran busi yang baru.. pastikan pada yang mengerjakan untuk peletakan-nya sama seperti semula dan presisi supaya tidak mengurangi kinerja pengapian dari busi, kalau mau yang ori like a new ya tinggal beli baru dab.. tapi solusi paling mudah ya itu tadi.. di buat pola ulir baru.

Buat yang belum mengalaminya, hati-hati saja dab..

Pastikan uliran (drat) baut pada busi berputar sempurna pada lubang uliran sebelum di kencangkan, dan jangan sampai mentok, berikan jarak atau sedikit kelonggaran untuk busi sekiranya 0,8 mm.

Solusi Perbaiki Lubang Ulir busi Dol Slek
Lubang Ulir busi yang Dol atau Slek dibuat pola ulir baru lagi

Itulah dia solusi simpel untuk memperbaiki lubang ulir busi yang slek atau dol yang bisa kamu coba jika mengalaminya, semoga bisa membantu dan jangan lupa baca artikel menarik lainya dari BlogOtive.. kalau mau sharing pengalaman juga boleh.. silahkan email atau berkomentar dibawah.

BERBAGI
Blogger asal Yogyakarta yang masih belajar dan mencoba berbagai untuk menyalurkan hobi dan kesukaan terhadap Motor, terimakasih sudah membaca, semoga bermanfaat dan Salam Gaspol!

Tinggalkan sebuah balasan

Mohon ketikkan komentar
Mohon masukan nama kamu disini