Beranda Motor Matic Mengenal Kunci Smart Key System (SKS) atau Keyless

Mengenal Kunci Smart Key System (SKS) atau Keyless

2
BERBAGI

Kunci Keyless pada motor Yamaha, mereka menamainya dengan Smart Key System (SKS), diperkenalkan tahun 2016 ini dengan skutik pertama (di Indonesia) yang mengaplikasikanya adalah Aerox 155 VVA untuk tipe S-version, sekarang kita akan mengenal lebih jauh tentang model kunci kontak yang satu ini.

Yamaha Aerox 155
Yamaha Aerox 155 saat diperkenalkan

Keyless Ignition Key, bisa dibilang merupakan teknologi baru untuk tipe kunci sepeda motor setelah kunci dengan pengaman magnet, kunci jenis ini tanpa menggunakan anak kunci seperti model konvensional, melainkan dibekali dengan sebuah remote yang menjadi syarat untuk knop (papan kunci) agar bisa digunakan, jaraknya harus dekat dengan motor, selain itu remote juga bisa berfungsi sebagai Immobilizer dan Answer Back.

Smart Key System (SKS)
Smart Key System (SKS)

Immobilizer, seperti teknologi pada kunci mobil masdab.. jadi setiap remote dibekali dengan nomor ID (Emergency ID) yang sama dengan nomor pada kunci sepeda motor, disini motorlah yang mengikuti ID dari remote (bisa di setting dan riset untuk penggantian remote baru jika hilang), jadi satu remot motor Aerox 155 itu tidak bisa digunakan untuk motor yang lain. Sementara Answer Back, fungsinya untuk mempermudah menemukan motor saat diparkir bersama banyak motor lainya dalam radius 20 meter, jadi jika ditekan akan muncul indikasi (bunyi beep atau lampu berkedip).

Kurang lebih seperti itu mengenai Smart Key System (SKS) atau Keyless pada motor Yamaha. Selanjutnya kita akan cari tahu bagaimana cara penggunaan SKS ini untuk mengoperasikan motor seperti menghidupkan mesin, membuka tanki bahan bakar (fuel tank), membuka bagasi atau yang lainya..

Cara Pengoperasian Smart Key System

Cara Menghidupkan Mesin, membuka Tanki, Bagasi dan Kunci Stang
Untuk memulai, remote harus dekat dengan motor masdab (radius kurang dari 1 meter), tujuanya agar receiver dapat membaca data, sitilah mudahnya mungkin menyatu. Setelah itu;
Tekan Knop, maka Indikator pada speedometer akan menyala selama 4 detik (ini adalah proses kalibrasi.. menyamakan data atau membaca id pada remot), setelah itu tekan kembali knop maka keyless sudah bisa bekerja. Nah untuk mulai menyalakan motor, putar knop ke arah On (putar tuas ke kanan), untuk membuka bagasi/fuel tank putar ke arah Open (tuas ke kanan) lalu pilih tombol Seat/Fuel disamping kunci, untuk mengunci stang putar stang ke kiri lalu arahkan ke Lock (putar tuas ke kiri), untuk mematikan mesin kembali cukup kembalikan ke posisi semula/Off.

Cara Nonaktifkan bunyi Beep pada Answer Back
Pada saat remote ditekan, dalam keadaan default motor akan berkedip dan muncul suara “beep beep”, untuk menonaktifkan bunyi beep bisa dilakukan yakni; dekatkan remote kembali, kemudian tekan knop 1x, kemudian setelah beberapa saat tekan lagi dan tahan knop selama kurang lebih 9 detik sampai bunyi suara “beep beep”, dan berhasil. Maka setelah remote ditekan, beep tidak akan menyala lagi. Nah, untuk mengembalikan lagi tinggal di ulang langkah-langkahnya tadi.

Pada Smart Key ini, pengguna diberikan kartu yang berisi nomor ID SKS, jika remote remote hilang maka tinggal beli remote saja dan di setel ulang dengan memasukkan nomor ID itu tadi supaya sama. Berikut adalah penjelasan Videonya

Frequently Answer question:
Bagaimana jika remote ternyata hilang?

  • bisa pakai nomor ID Emergency masdab sebagai pengganti pengkalibrasian Immobilizernya, kemudian bisa beli remote di dealer Yamaha dengan remote plus ID baru, lalu di set ulang, jadi kunci lama yang hilang sudah tidak bisa berfungsi lagi karena nomornya sudah beda.

Remote hilang maka ganti knop keylessnya donk?

  • Tidak, disini ECU/Receiver Smart Unit pada motor yang menyesuaikan ID pada remote, jadi hanya berganti remote saja beserta ID baru dan di riset+didaftarkan ulang.

Bagaimana jika remote terjatuh saat dikendarai?

  • Jika lost contact selama 1 km jauhnya, maka speedo akan memberikan alert (alarm), namun mesin akan tetap hidup, jika seumpama motor dimatikan dan tidak dihidupkan kembali selama 30 detik maka motor akan terkunci, dan bisa memasukkan ID emergency untuk menghidupkan kembali dan berganti remote (jika tidak ketemu).  Jadi jika hilang saat perjalanan hendaknya tidak dimatikan dulu, lebih baik cari kunci atau beli remote baru.

Bagaimana jika dalam keadaan keyless pada posisi Open (bagasi/fuel) tetapi remote dibawa menjauhi motor (lupa)?

  • Motor akan memberikan indikator pada spedo (seperti jika remote terjatuh) serta bunyi “beep” terus menerus untuk mengingatkan.

Bagaimana jika baterai pada remote habis?

  • Jika baterai remote habis maka di speedo sudah ada info voltase, tinggal di ganti trip speedo untuk lihat info baterainya.

Canggih kan? yup, jadi Itulah dia info tentang Kunci Smart Key System (SKS) pada motor Yamaha Aerox sekaligus cara pengoperasianya. Semoga bermanfaat!

BERBAGI
Blogger asal Yogyakarta yang masih belajar dan mencoba berbagai untuk menyalurkan hobi dan kesukaan terhadap Motor, terimakasih sudah membaca, semoga bermanfaat dan Salam Gaspol!

2 KOMENTAR

Tinggalkan sebuah balasan

Mohon ketikkan komentar
Mohon masukan nama kamu disini