Beranda Moto GP Komentar para pembalap tentang perubahan Tata Letak Catalunya

Komentar para pembalap tentang perubahan Tata Letak Catalunya

0
BERBAGI

Para Pembalap berkomentar banyak tentang perubahan tata letak (layout) sirkuit Catalunya yang terletak di Barcelona, Spanyol. Pembalap seperti Valentino Rossi, Jorge Lorenzo dan pemimpin Pole Position Marc Marquez ikut angkat suara memberikan pendapatnya mengenai perubahan tata letak.

Seperti kita ketahui Otivers, LayOut dirubah karena insiden terjatuh dan meninggalnya Luis Salom di tikungan 12 yang merupakan tikungan cepat dengan tidak memiliki banyak kerikil dan hanya sedikit run-off track yang membuat keselamatan terbatas karena hambatan laju sedikit dan pembalap akan langsung bertemu pembatas.

Perubahan Tata Letak sirkuit Catalunya
Perubahan Tata Letak sirkuit Catalunya

Sirkuit dirubah memendek, dari Tikungan 10 akan langsung berhadapan ke Tikungan 12 untuk menghindari high-speed corner di tikungan 11. Dari tikungan 13, sirkuit juga dilintaskan kedalam untuk memperluas gravel.

Beberapa komentar pembalap MotoGP banyak yang menyatakan kontra dengan perubahan ini, seperti Valentino Rossi yang pada Kualifikasi berada di posisi lima keluhkan perubahan tata letak sirkuit Catalunya.

“Saya tidak mengerti mengapa mereka memodifikasi sudut lain, dimana hal ini tidak ada yang terjadi [sama saja/ pada tikungan 10].”

“Secara pribadi, tikungan 10 tidak harus dirubah. Run-off area tidak terlalu banyak,”

Jorge Lorenzo kurang lebih juga berkomentar yang sama, menurut pemuncak klasemen sementara yang pada kualifikasi menjadi tercepat kedua ini mengaku perubahan tata letak ini menyulitkan untuk Yamaha.

“Tikungan 10 tidak, bagi saya [tidak] diperlukan untuk dirubah, dua perubahan [di tikungan] pada akhirnya membuat kami [Yamaha] lebih sulit.”

Sebagai pemegang Pole Position, Marc Marquez juga sependapat dengan Rossi dan Lorenzo, namun jika dipandang dari segi keselamatan, untuk perubahan layout Marc menyetujui hal itu.

“Jika hanya untuk keselamatan, saya menyetujui perubahan tersebut, tapi bagi saya tikungan 10 tidak layak [dirubah],”

Kebanyakan para pembalap tidak menyetujui Perubahan Tata Letak Sirkuit Catalunya, namun dengan alasan keselamatan dan untuk menanggulangi kasus serupa, perubahan tetap dilakukan.

BERBAGI
Blogger asal Yogyakarta yang masih belajar dan mencoba berbagai untuk menyalurkan hobi dan kesukaan terhadap Motor, terimakasih sudah membaca, semoga bermanfaat dan Salam Gaspol!

Tinggalkan sebuah balasan

Mohon ketikkan komentar
Mohon masukan nama kamu disini