Beranda Motor Sport Infografis: Spesifikasi Detail All New R15

Infografis: Spesifikasi Detail All New R15

0
BERBAGI
All New R15
Infografis All New R15

Halo masdab dimanapun anda berada, sekarang ini kamu sedang membaca sesi Infografis tentang Spesifikasi All New R15 v3 VVA, motor sport fairing andalan Yamaha yang menurut saya punya body super keren dan moge-look, sungguh layak jika dijuluki Baby R6.

BlogOtive akan mengajak kamu untuk membahas lebih detail komponen apa saja yang disandang oleh All New R15, data yang ditampilkan disini lengkap dan bukan hanya spesifikasi umum saja yang biasa ditampilkan oleh pabrikan, intinya bukan specs mainstream masdab.

Tapi BlogOtive tidak membahas specs lain seperti fitur yang mendalam seperti speedometer ya, hanya fokus kepada komponen dan data-datanya saja. Ya seperti yang bisa kita lihat gambar diatas.

Spesifikasi Detail All New R15

Yamaha R15 v3
pict by @leenardy76

Dimensi

Yamaha R15 terbaru ini punya dimensi lebih besar dan lebar daripada versi sebelumnya. Dimensi panjang, lebar dan tingginya: 1.990 x 725 x 1.135.

R15 v3 memiliki tinggi jok 815 mm yang lumayan membuat rider tinggi dibawah 170 cm jinjit balet.

Jarak terendah ke tanah motor ini adalah 155 mm dengan jarak sumbu roda lumayan panjang 1.325 mm.

Dengan berat isi (sudah termasuk oli mesin dan pendingin cairan) 137 kg saja, motor ini bisa dikatakan tidak terlalu berat, kemudian kapasitas tankinya lebih kecil daripada v2 lama dengan hanya 11 Liter saja.

Spesifikasi Mesin

All New Yamaha R15 masih mengadopsi mesin SOHC (lihat disini: Kenapa Yamaha masih pakai mesin SOHC, Ini Alasanya), 4-tak, 1 silinder, 4-katup, berpendingin cairan (radiator) atau Liquid Cooled, Transmisi 6 percepatan dan menggunakan sistem pembakaran Fuel Injection.

Volume mesin naik menjadi 155,1 cc dan mengaplikasikan VVA (Variable Valve Actuation) sebagai pengatur low-cam dan high-cam untuk menyesuaikan kebutuhan mesin. Yamaha juga sudah menerapkan teknologi Assist and Slipper Clutch untuk perpindahan gigi dan kopling lebih halus dan ringan.

Piston R15 v3 ini lebih besar daripada versi lamanya, karakternya menjadi Nearly-square dengan diameter 58,0 mm dan langkahnya 58,7 mm. Kemudian Perbandingan kompresi mesin cukup tinggi untuk kelas 150 cc yakni 11,6 : 1.

Kapasitas Oli mesin hanya 1,05 Liter, untuk pergantian berkala 0,85 Liter dan Filter Oli 0,85 Liter.

Performa Mesin

Dengan Mesin baru berstatus All New Engine berkubikasi 155,1 cc dan banyak ubahan yang telah dibuat Yamaha, tenaga R15 baru ini naik signifikan.

Tenaga maksimal new R15 ada di angka 14,2 kiloWatt (19,04 HP) atau 19,3 PS pada 10.000 rpm dengan didukung Torsi maksimal 14,7 Nm pada 8.500 rpm.

Suspensi

Shockbreaker All New R15 menggunakan tipe Teleskopic Inverted Fork atau familiarnya disebut Up-Side Down.

Suspensi depan menggunakan vendor KYB (Kayaba) dengan diameter inner tube 37 mm paling besar dikelasnya untuk saat ini.

Suspensi belakang pakai Monoshock juga dengan vendor KYB, dilengkapi dengan Link sehingga goncangan dari arm tidak langsung ke rangka melainkan melewati dulu Link.

Pengereman

Rem depan menggunakan Single Diskbrake, Rem Cakram 2 Piston dengan diameter paling besar dikelasnya untuk saat ini yakni 282 mm pada bagian depan, menggunakan vendor Nissin.

Rem belakang juga Cakram dengan vendor yang sama, Single Piston dengan ukuran diameter 220 mm.

New R15 untuk pasar Indonesia masih belum dilengkapi dengan rem ABS (Anti-Lock Breaking System).

Ukuran Ban dan Velg (Kaki-kaki)

Yamaha tetap mempertahankan ukuran ban depan dengan profil 90/80 ring 17 dengan balutan velg 2,15 inchi meskipun ban belakang lebih besar daripada v2, generasi sebelumnya.

Untuk ban belakang lebih lebar 140/70-17 dengan velg yang juga lebih lebar yakni 4,0 inchi. Kedua ban New R15 menggunakan ban merek IRC Roadwinner.

All New R15
Infografis All New R15
BERBAGI
Blogger asal Yogyakarta yang masih belajar dan mencoba berbagai untuk menyalurkan hobi dan kesukaan terhadap Motor, terimakasih sudah membaca, semoga bermanfaat dan Salam Gaspol!

Tinggalkan sebuah balasan

Mohon ketikkan komentar
Mohon masukan nama kamu disini