Beranda Masyarakat Otomotif Gear digunakan sebagai pengganti Disk Brake?

Gear digunakan sebagai pengganti Disk Brake?

0
BERBAGI

Sungguh menarik untuk dibahas melihat sebuah foto di Grup Satria F150 Lovers dimana sebuah Gear yang kita tahu fungsinya sebagai penghubung pemutar roda digunakan sebagai pengganti Disk Brake atau Piringan Cakram.. weh jan nyeleneh tenan masdab..

Kita tahu bahwa piringan cakram sudah dibuat khusus sedemikian rupa untuk dijapit kampas kanan kirinya dan agar menghasilkan pengereman yang bagus, disana juga ditambahkan rongga-rongga dibagian yang terkena gesekan kampas serta ada sebagian disk brake memiliki design bergelombang (wave) di tepi/sisi supaya tidak timbul panas berlebihan. Tapi bagaimana ceritanya jika piringan tersebut digantikan dengan Sprocket atau Gear belakang?

Gear digunakan pengganti piringan cakram
Gear digunakan pengganti piringan cakram

Anti mainstream betul masdab.. Pemilik Satria F150 ini mungkin ingin bergaya ala Thailook dengan ban cacing-nya, kemudian supaya motor kencang, gear belakang diturunkan menjadi diameter yang lebih kecil dan mungkin daripada gear asli tidak terpakai lagi mending dibuat piringan cakram saja.. ya mungkin seperti itu. 😀

Entah bagaimana rasa dan hasil pengereman dengan piringan cakram dari Gear ini, kalau menurut perkiraan BlogOtive (karena belum mencobanya langsung jadi hanya prediksi saja) hasilnya kampas rem akan cepat aus ditambah lagi cengkraman tidak begitu kuat. Mengapa?

Alasanya, cepat aus karena setahu BlogOtive, Gear lebih kuat daripada diskbrake, maka artinya piringan cakram gear ini tidak mudah tergerus kampas sehingga hasilnya kampaslah yang akan terkikis dan akan cepat aus, alasan kedua kenapa cengkraman tidak begitu kuat jika dibandingkan pakai piringan biasa karena permukaan terluar gear yang bergerigih itu bidangnya miring hampir lancip jadi tidak flat.. otomatis piringan kehilangan cengkraman di bagian sisi terluar, ditambah lagi tidak ada lubang-lubang kecil yang bisa membantu menghambat laju karena permukaan yang tidak rata.. hmm 😟, masuk akal… tapi sebelum dibuktikan, prediksi ini masih belum berimbang. Bagaiamana masdab, ingin mencoba? not recomended tapi ya..

BERBAGI
Blogger asal Yogyakarta yang masih belajar dan mencoba berbagai untuk menyalurkan hobi dan kesukaan terhadap Motor, terimakasih sudah membaca, semoga bermanfaat dan Salam Gaspol!

Tinggalkan sebuah balasan

Mohon ketikkan komentar
Mohon masukan nama kamu disini