Beranda Tutorial Motor Cara Merawat dengan Membersihkan Rantai Motor

Cara Merawat dengan Membersihkan Rantai Motor

0
BERBAGI

Rantai merupakan komponen sepeda motor yang memiliki peranan penting untuk menyalurkan tenaga dari putaran mesin ke roda dan membuatnya berjalan, namun meskipun fungsinya begitu besar tetapi banyak dari kita menyepelekan hal tersebut dan meninggalkan begitu saja alias tanpa perawatan. Nah di #ArtikelRingan04 ini BlogOtive akan mengajak masdab untuk mulai Merawat dengan Membersihkan Rantai Motor kita.

Putus Rantai Motor merupakan hal yang paling fatal dialami akibat minimnya perawatan Rantai, jika rantai putus lalu langsung keluar dari gear kita hanya akan kehilangan suplai tenaga dari mesin, tapi kalau menyelip ke gear depan dan mengakibatkan selip, motor akan berhenti mendadak dan pengendara bisa terpental jika dalam kecepatan tinggi, serem kan masdab.. nah baiknya kita antisipasi saja hal ini dengan tidak mengabaikan perawatan pada rantai motor kita.

Selain risiko terputus, jika rantai kita tanpa perawatan akan banyak kendala yang akan kita alami, efek tidak nyaman; rantai berisik dan cepat kendor selain itu dapat menimbulkan efek domino, kerusakan pada gear yakni cepat aus karena terkikis. Hmm.. yuk daripada banyak masalah mending kita segera take a action..

Cara Merawat Rantai Motor

Untuk merawat rantai motor, hal yang perlu kita lakukan hanyalah dua hal yakni membersihkan dari debu/partikel kecil yang menempel yang membuat sumbatan dan menambah gaya gesek dan melumasi dengan oli cairan khusus (chain lube) supaya licin dan memperkecil gaya gesek.

Alat dan bahan yang perlu kamu persiapkan sebelum membersihkan rantai motor.

  1. Kain untuk membersihkan kotoran.
  2. Chainlube (Oli Pelumas Rantai) atau bisa pakai Oli mesin specs SAE 80 atau 90.
  3. Sikat untuk membersihkan sela-sela rantai.

Kamu bisa mencari chainlube merk apa saja yang menurutmu bagus, sudah banyak diluar sana bahkan pabrikan juga banyak yang sudah menciptakan chainlube, cara saja di dealer. Tapi kali ini BlogOtive pakai merk Aero Racing dengan specs yang mampu melindungi dari korosi/perkaratan, harganya Rp 20 ribu saja waktu beli di bengkel sekitaran Jl Tajem, Maguwoharjo.

Chain Lube Pelumas Oli Rantai
Chain Lube Pelumas Oli Rantai

 

Cara Membersihkan Rantai Motor

Nah, kalau peralatan yang dibutuhkan sudah kita siapkan, berikutnya tinggal standarin motor dan mulai untuk bersihkan Rantai, disini motor yang BlogOtive akan gunakan untuk tutorial yang rantainya tidak terawat supaya masdab tahu bagaimana perbedaan setelah di bersihkan.

1. Semprotkan Chain Lube ke Rantai
Mulai semprotkan sambil memutar-mutar ban supaya lebih mudah untuk kita menyemprotkan cairan pelumas oli.

Semprotkan Pelumas Oli ke Rantai
Semprotkan Pelumas Oli ke Rantai

Disitu bisa masdab lihat betapa parahnya rantai ini, motor juga jarang dipakai juga banyak yang karatan. Semprotkan hingga merata ke sela-sela dalam dan sisinya, supaya partikel kecil ikut terlumasi.

Semprotkan hingga merata
Semprotkan hingga merata

2. Sikat Rantai
Setelah di semprot menggunakan chain lube, berikutnya kita bersihkan oli dan debu yang menempel dengan menggunakan sikat misalnya, disini BlogOtive pakai sikat gigi bekas, karena bulu-bulunya yang kecil jadi supaya bisa mudah masuk ke sela-sela untuk membersihkan rantai.

Sikat Rantai
Sikat Rantai

3. Lap Menggunakan Kain
Selanjutnya tinggal di lap, dan lihat sendiri hasil dan perbedaannya. Masdab bisa memanfaatkan kain bekas yang sudah tidak terpakai.

Lap Rantai dengan Kain
Lap Rantai dengan Kain

Masdab bisa melihat perbedaan pada rantai yang belum dibersihkan dengan yang sudah dibersihkan (di lap), terlihat bersih bukan?

Cairan khusus pelumas oli ini tidak seperti oli mesin masdab, partikel dan tingkat kekentalanya lebih kecil sehingga bisa menempel ke rantai, tidak mudah terpercik tentunya.

Rantai pada motor kita sudah berpurtar jutaan kali dan tak bisa terhitung, bisa kita bayangkan peluang debu menempel juga sangat besar, debu tersebut bisa menghambat atau menyumbaat pergerakan rantai yang bikin seret, jadi penting untuk kita merawat dan rutin membersihkanya. Rasanya beda loh setelah di lumasi; Suara krethek-krethekĀ  yang menjadi problem umum pada rantai jadi hilang.

BERBAGI
Blogger asal Yogyakarta yang masih belajar dan mencoba berbagai untuk menyalurkan hobi dan kesukaan terhadap Motor, terimakasih sudah membaca, semoga bermanfaat dan Salam Gaspol!

Tinggalkan sebuah balasan

Mohon ketikkan komentar
Mohon masukan nama kamu disini