Beranda Masyarakat Otomotif Begini Cara Menghitung Simulasi Kredit Sepeda Motor

Begini Cara Menghitung Simulasi Kredit Sepeda Motor

0
BERBAGI

Artikel ini mungkin bermanfaat bagi Otivers yang ingin menghitung sendiri secara lebih detail simulasi kredit atau cicilan dari harga cash sebuah sepeda motor yang hendak di bidik. Kita enggak perlu lagi mencari brosur atau bertanya salesman untuk harga kredit dengan downpayment/dp tertentu.

Berawal dari BlogOtive beberapa waktu lalu mencari informasi mengenai cara menghitung simulasi kredit untuk cicilan sepeda motor untuk Otivers semua tanpa menunggu lansiran resmi leasing untuk motor baru, berhubung ada teman yang bekerja di salah satu dealer, maka kami gali informasinya dari situ. Nah, dealer tersebut bekerjasama dengan sebuah perusahaan finansial (pembiayaan) dari WOM Finance.. jadi keakuratan hitungan kita bisa sama atau mendekati bila sama dengan WOM, tetapi apabila beda sebagai contoh seperti Adira, FIF, BAF atau yang lain mungkin akan sedikit berbeda.. meskipun mirip-mirip juga.. IMO.

Menghitung Simulasi Kredit Motor
Ilustrasi

Nah, sekarang Rumus Simulasi Kredit bakalan BlogOtive bagi, silahkan untuk teman-teman yang butuh bisa hitung sendiri sesuka hati dengan Merk sepeda motor, DP dan tenor (rentang waktu) tertentu.

Rumus hitung:
Besaran Kredit = (((Harga OTR-DP)/Tenor)xPersentase)

Keterangan:

  • Harga OTR: Harga On The Road/Harga cash motor
  • DP: Down Payment/uang muka
  • Tenor: Lama angsuran/pengembalian
  • Persentase: Persentase keuntungan yang diambil leasing (tergantung tenor). berikut persentasenya
    1. 145% (1,45) untuk tenor 11 bulan
    2. 150% (1,50) untuk tenor 23 bulan
    3. 156% (1,56) untuk tenor 35 bulan

(Nilai persentase bisa berubah sewaktu-waktu dan berkemungkinan berbeda setiap leasing)

Seumpama saja kita akan menghitung sebuah harga Skutik 110 cc, kebanyakan untuk kelas ini dijual Rp 15 juta, kita hendak DP dengan Rp 5 juta dan dengan lama pinjaman 23 bulan. Mari kita hitung

(((15.000-5.000)/11)x1,45)
(10.000/23)x1,50
434.782×1,50
hasilnya; Rp 652.173,91

Dengan perumpamaan diatas, cicilan perbulan adalah Rp 650 ribuan selama dua tahun.

Itulah dia Cara Menghitung Simulasi Kredit Sepeda Motor, tetapi daripada mencicil mending kita menabung saja.. lebih untung (dalam jangka panjang). Toh pakai uang logam juga masih ada dealer yang menerima. Semoga bermanfaat!

BERBAGI
Blogger asal Yogyakarta yang masih belajar dan mencoba berbagai untuk menyalurkan hobi dan kesukaan terhadap Motor, terimakasih sudah membaca, semoga bermanfaat dan Salam Gaspol!

Tinggalkan sebuah balasan

Mohon ketikkan komentar
Mohon masukan nama kamu disini