Beranda Pengetahuan 5 Alasan Kenapa Pengendara Motor Harus Pakai Helm

5 Alasan Kenapa Pengendara Motor Harus Pakai Helm

0
BERBAGI
Kenapa Harus Pakai Helm ketika Naik Motor
Kenapa Harus Pakai Helm ketika Naik Motor

Meskipun dekat, sebaiknya setiap kita berkendara pakai sepeda motor kita harus menggunakan helm sebagai alat pelindung kepala. Kenanapa harus begitu, apa alasanya? Yuk kita bahas

Masdab, memakai helm itu bukan karena menghindari razia polisi saja ya, polisi disini hanya sebagai pengingat, penegur atau penghukum seperti kita melakukan kesalahan, atas dasar Undang-undang mereka menindak kita..

Karena dalam UU No. 22/2009 sudah diatur bawasanya setiap orang berekendara sepeda motor diwajibkan menggunakan helm berstandar, BlogOtive yakin aturan ini dibuat hanya semata-mata karena keselamatan bukan yang lainya.. intinya UU ini dibuat untuk kebaikan kita sendiri..

Namun faktanya, diluar sana masih sedikit sekali kesadaran orang untuk memakai helm ketika naik motor.. alasan paling sering adalah “karena dekat,” biasanya yang pakai alasan ini memang hanya berkendara dalam jarak ratusan meter sampai satu kiloan saja, apakah alasan ini bisa diterima? Tentu saja tidak.

Karena meskipun hanya beberapa meter, dalam perjalananya kita biasanya melewati puluhan bahkan ratusan pengendara lain, bukan apa-apa, pernahkah kita sadari jika penyebab kecelakaan tidak melulu dikarenakan kesalahan kita, melainkan orang lain yang berdampak pada kita.. intinya, kalau kita sudah pede gak pakai helm karena sudah yakin dengan kemampuan kita sendiri gak akan jatuh, masih ada orang lain yang bisa menggoyahkan kepedean kita ini.. ada kids zaman now bonceng tiga, emak-emak sein kanan belok kiri, anak muda labil arogan dll.. serem deh. Belum lagi faktor lain yang biasanya ada-ada aja seperti contohnya kerikil, batu atau aspal yang enggak rata. Bener gak?

Selain itu, anggota tubuh kita (kepala) merupakan salah satu organ penting manusia, biasanya jika terjadi kecelakaan, kalau sudah kebentur kepala orang akan lebih susah untuk diselamatkan.. banyak kok masdab, BlogOtive mendengar cerita tentang orang yang meninggal karena terbentur kepalanya ketika naik motor gak pakai helm, ini bukan berita di TV loh ya, cerita dari sekeliling tempat yang hanya saja bukan bagian dari teman, keluarga atau kenalan..

Baru-baru ini ada orang Warga Kec Pracimantoro, Wonogiri yang meninggal di Yogyakarta karena kecelakaan membentur kepalanya, ceritanya doi keluar cari makan seusai pulang kerja, karena dirumah gak ada makanan doi bergegas cari warung makan yang gak jauh dari kontrakanya, namun sayang diperjalanan orang ini terlibat tabrakan dengan pemotor lain dari lawan arah dan jatuh kepalanya membentur aspal meninggal di tkp, diketahui orangnya tidak pakai helm. Coba kalau kita berandai-andai kalau tadinya orang ini pakai Helm, mungkin ceritanya akan lain. Toh, kalau kaki patah orang masih bisa hidup masdab.. coba kalau kepala? Itu tuh alasan penting kenapa kita perlu pakai helm untuk melindungi kepala.

Selain itu, BlogOtive punya 5 Alasan lain kenapa kita perlu pakai helm

Alasan Kenapa Setiap Naik Motor harus Pakai Helm

1. Yang jelas untuk melindungi kepala
Pakai helm itu sebagai antisipasi jatuh, fungsi utama ya melindungi kepala dari benturan akibat kecelakaan, ingatlah bahwa kecelakaan bisa datang kapan saja dan menimpa siapa saja, jadi hati-hati saja tidak cukup.

2. Pakai helm itu modis dan keren
Motor sport pakai helm full-face duh kerenya minta ampun masdab, apalagi kalau mereknya branded.. aman pasti, terus motor klasik pakai helm klasik juga asyik dilihatnya, skutik retro pakai helm retro dipakainya dedek gemes.. memang gemesin dijalanan masdab!

Pakai helm itu modis dan gaya kali bro and sist, kamu pakai jilbab, pakai pomade, rambutnya habis di rebonding gak mau pake helm, kalau gak aman buat apa? Ingat masa depan masih panjang bro.. hehe, mending kalau gini naik becak, bajaj atau mobil saja.

3. Merasa Aman, Pede di jalan
Untuk beberapa orang yang sudah pernah merasakan ngerinya kecelakaan, gak pakai helm pasti dihantui rasa cemas. Bener gak?

Jadi helm disini juga menambah kepercayaan berkendara kita jadi lebih merasa aman, lebih pede berakselerasi. Ibarat kita mau merebahkan badan di kasur, di kasur mah enjoy aja, sudah tau empuk. Berbeda kalau di lantai, jadi seperti adegan pingsan sinetron itu pakai kuda-kuda dulu, itu karena actornya udah tau sakit.

4. Gak Malu dilihat orang
Kamu charming, cantik, ganteng, keren atau motormu yang keren, pernah enggak merasakan yang namanya gak enak dilihatin orang.. jadi rada malu gitu? Kek gitu kadang bikin buyar konsentrasi berkendara masdab jadi malah berbahaya, Ya dengan pakai helm setidaknya kita gak usah menghiraukan itu semua, fokus ke dijalan!

Yang nomor empat ini opsional ya, khusus untuk yang ciri-cirinya disebutin diatas dan yang nulis ini gak punya kualifikasi seperti diatas, jadi gak masuk.

5. Gak bikin kulit hitam, kesilauan, kelilipan
Helm itu selain fungsinya sebagai pelindung kepala juga pelindung organ-organ lainya seperti telinga, mata, hidung dan yang lainya termasuk kulit.

Nah dengan pakai helm, kita bakalan teehindar dari terik matahari yang bikin kulit area wajah jadi hitam.. dengan adanya kaca (visor) mata kita juga terhindar dari sergapan serangga terbang, debu bahkan kerikil yang bisa bikin kelilipan.

Pakai helm juga terhindar dari silau, kalau visornya gelap. Kan ada tuh sekarang helm yang double visor, jadi lebih nyaman untuk pengelihatan dan kulit. Iya kan?

Ternyata pakai Helm itu banyak kan untungnya? Jadi masih mikir pakai helm hanya karena alasan ini itu.. Keep safety riding bro, sayangi kepalamu, ingat keluarga menanti kehadiranmu di rumah. Salam gaspol!

BERBAGI
Blogger asal Yogyakarta yang masih belajar dan mencoba berbagai untuk menyalurkan hobi dan kesukaan terhadap Motor, terimakasih sudah membaca, semoga bermanfaat dan Salam Gaspol!

Tinggalkan sebuah balasan

Mohon ketikkan komentar
Mohon masukan nama kamu disini