Beranda Pengetahuan AHM Oil SPX1 dan MPX1, Apa bedanya dan cocok untuk motor apa?

AHM Oil SPX1 dan MPX1, Apa bedanya dan cocok untuk motor apa?

3
BERBAGI

AHM Oil SPX1 Dan MPX1, Apa bedanya? Ya, selamat membaca artikel kali ini teman, disini kita akan membahas mengenai Oli aseli yang diproduksi pabrikan motor merk Honda atau yang dikenal dengan AHM Oil, tentu kita tahu bahwa AHM Oil ada 5 jenis yakni MPX1, MPX2, MPX3, SPX1 dan SPX2, tetapi fokus kita disini akan membahas MPX1 dan SPX 1 yang memang dikhususkan untuk motor sport Honda, tapi mungkin kita akan singgung sedikit semua lima jenis oli asli Honda tersebut.

AHM Oil
AHM Oil

 

SPX1 untuk CB150R, Sonic 150R, Supra GTR dan CBR150R
SPX1 untuk CB150R, Sonic 150R, Supra GTR dan CBR150R

Menurut klasifikasinya, Honda membuat dua jenis Oli berdasarkan kualitas dan kebutuhan motor yakni MPX yang memiliki kepanjangan Maximum Protection Expert dan SPX (Superior Protextion Expert) untuk motor dengan performa tinggi bermaterial full sintetis. Kemudian untuk nomor dibelakang jenis ini diklasifikasikan untuk jenis motor yakni 1 untuk Cub (Bebek) dan Sport, 2 untuk Skutik dan 3 untuk pilihan alternatif 1 yang memiliki tingkat kekentalan lebih (20W-30), umumnya untuk motor keluaran lama.

Kembali ke topik, kurang lebih kita sudah tau jenis Oli AHM, sekarang ke pokok bahasan tentang apa bedanya SPX1 dan MPX1 tentu kedua oli ini dikususkan untuk motor dengan transmisi manual baik bebek maupun sport..

AHM Oil SPX1
AHM Oil SPX1

MPX1 dan SPX1 memiliki tingkat keenceran yang sama yakni 10W-30  dan standarisai yang sama pula dengan standar Japan Automobile Standard Organitation (JASO) MA, meskipun belum MA2 seperti oli resmi milik rival, Yamalube Super Sport yang sudah dilabeli standarisasi JASO MA2. Perbedaan mendasar MPX1 dan SPX1, material SPX1 sudah Full Synthetic dengan ketidakmurnian yang lebih sedikit daripada MPX1 sehingga gesekan yang timbul lebih sedikit serta punya kelebihan lebih stabil di tekanan pada temperatur tinggi, jadi lebih baik untuk motor dengan performa tinggi seperti motor sport.

SPX1
SPX1

MPX1 bisa dibilang merupakan oli yang sudah bisa menangani motor-motor bebek Honda dan Sport 150 cc seperti CB150R, CBR150R, Sonic 150R atau Supra GTR 150, AHM juga menyediakan oli dengan volume 1,2 Liter karena kita tahu kapasitas mesin 150cc square Honda terbaru adalah 1,1 Liter, untuk kamu yang punya motor bebek 125 cc seperti Supra X atau Blade pakai MPX1 juga oke.

Tetapi untuk motorsport yang umumnya pemakaian yang memiliki performa tinggi atau untuk masdab yang sering menggunakan motor dengan full geber, baiknya pakai SPX1 dengan material Full Sintesis yang lebih stabil juga di suhu tinggi.

Review Singkat Penggunaan MPX1 dan SPX1

Awal-awal dari pabrik hingga pergantian oli pertama di 1.000 km memang Honda memberikan jenis Oli MPX1 untuk All New CB150R dan saat BlogOtive mencoba SPX1, ada sedikit perbedaan yang dirasakan saat riding.. entah kenapa suara mesin motor jadi lebih halus daripada saat menggunakan MPX1 namun saat digunakan untuk jalanan macet, motor jadi lebih panas daripada biasanya, sepertinya Oli ini cocoknya untuk kondisi untuk kecepatan tinggi.

Kesimpulanya, MPX1 dan SPX1 sama-sama bisa mengaokomodir kebutuhan motor, hanya saja baiknya kita menyesuaikan kebutuhan atau kondisi, untuk yang sering pakai motor full geber pakai SPX1 saja, untuk bermacet-macet ria lebih baik MPX1 sudah cukup, mesin adem dan konsumsi bahan bakar diklaim lebih irit. Jadi lebih baik pakai AHM Oil SPX1 dan MPX1, cocok untuk motor apa? untuk motor bebek dan sport, untuk memilih baiknya menyesuaikan kebutuhan dan kondisi seperti yang sudah kita bahas.

BERBAGI
Blogger asal Yogyakarta yang masih belajar dan mencoba berbagai untuk menyalurkan hobi dan kesukaan terhadap Motor, terimakasih sudah membaca, semoga bermanfaat dan Salam Gaspol!

3 KOMENTAR

  1. SPX enak kok…
    Vario 150 ESP 2016 semenjak Service pertama pake SPX-2 aman kok…
    Gak pernah ngalami Oli tinggal sedikit…
    Pernah pemakaian sampai sekitar 2200KM tapi kualitas Oli masih layak pakai, Coklat kekuningan, belum Hitam, dan saat Saya cek Volumenya, masih Normal.

    FYI, kalo yg kemasan Botol baru seperti yg Mas pegang di foto, itu API SL, kalo yg lama masih API SJ… Viskositas tetap sama 10w-30…

    BTW, enjoy your new lendir…
    Hahahahahaah

  2. punya saya cbr 250 rr tahun 2017 krg kbh baru 3 minggu yang ingin ditanyakan apabila pakai oli sae sama beda merk misal apa diperbolehkan dan sae berapa saja rekomendasi untuk cbr.terima kasih

    • kalau di buku pedoman pemilik, pakai aksesoris dan suku cadang (termasuk oli) selain dari Honda itu bisa menggugurkan garansi bro.. meskipun kalau menurut saya pribadi dengan pakai Oli merek lain yang berkualitas tidak akan bisa merusak mesin motor sih.. tapi ya itu aturanya dari pabrikan, mungkin bisa dipertimbangkan dulu ya.

      btw.. tentang sae itu standarisasi ya seperti jaso, saran saya pakai full shyntetic (seperti SPX itu sudah full sintetis).. mungkin bro risdian bisa baca-baca disini Perbedaan Oli Mineral, Full Synthetic dan Semi Synthetic

Tinggalkan sebuah balasan

Mohon ketikkan komentar
Mohon masukan nama kamu disini